-->

Merubah Partisi GPT Menjadi MBR Tanpa Kehilangan Data

Jika anda nyasar ke blog ini dengan kata kunci seperti judul diatas, maka anda membaca artikel yang tepat. Saya akan berbagi sedikit pengalaman ketika merubah partisi GPT menjadi MBR . Waktu itu saya mendapat pasien netbook yang ingin diinstall Windows 7, padahal netbook tersebut baru dipakai beberapa minggu dengan terinstall original Windows 8 didalamnya. Alasan si pemilik adalah tidak terbiasa dan sedikit ribet menggunakan Windows 8.

Seperti biasa ketika menginstall windows, saya selalu melakukan backup data dan menghapus partisi windows lama. Tapi kali ini masalah muncul saat awal proses instalasi,windows tidak bisa diinstal dan muncul peringatan "Windows cannot be installed to this disk. The selected disk is of the GPT partition style". 

Sempat bingung juga, tapi setelah mencari beberapa referensi saya jadi tahu kalau windows 7 tidak bisa diinstall pada partisi GPT (GUID Partition Table), jadi kita harus mengubahnya menjadi partisi MBR (Master Boot Record).

Sebenarnya banyak cara ditawarkan untuk mengatasi masalah ini, beberapa diantaranya kita diharuskan untuk menghapus semua partisi. Tentu cara ini sedikit merepotkan karena kita harus punya waktu ekstra untuk membackup semua data.
GPT to MBR
Ilustrasi Hardisk

Oke tanpa panjang lebar lagi, berikut cara yang saya lakukan untuk merubah ke partisi MBR tanpa kehilangan data. 
  1. Siapkan flashdisk dan koneksi internet, karena kita membutuhkan software MiniTool Partition Wizard yang akan kita download dan masukkan ke flashdisk sebagai bootable USB Flash Drive. Unduh MiniTool Partition Wizard Bootable disini
  2. Buat bootable USB Flash Drive yang berisi MiniTool Partition Wizard format ISO hasil unduhan tadi menggunakan software Rufus. Anda bisa mencarinya di internet. Caranya buka Rufus > otomatis kolom device memilih drive flashdisk anda > klik kotak ISO Image > pilih lokasi penyimpanan MiniTool Partition Wizard > klik file ISO nya > klik Open > lalu pilih start. Untuk jelasnya lihat gambar dibawah. 
    Membuat Bootable USB Flashdisk Dengan Rufus
    Urutan membuat bootable flashdrive menggunakan rufus
  3. Setelah jadi USB bootablenya, tancapkan pada laptop yang akan dirubah partisinya. Jadikan USB Flash Drive pada urutan boot pertama.
  4. Jika sukses maka program MiniTool Partition Wizard akan terbuka > pilih urutan pertama 'MiniTool Partition Wizard Boot Disc
    MiniTool Partition Wizard
    Pilih urutan pertama
  5. Berikutnya akan muncul tampilan utama program ini > pilih hardisk yang akan anda rubah partisinya menjadi MBR (ingat pilih pada hardisk bukan partisinya) > klik Convert GPT disk to MBR disk > klik Apply > tunggu proses selesai. 
    Cara Convert Partisi GPT Menjadi MBR
    Urutan convert menggunakan MiniTool Partition Wizard
  6. Terakhir restart laptopnya, sekarang siap untuk proses instalasi windows seperti biasa.
Semoga artikel ini bisa membantu
Terimakasih telah membaca artikel tentang Merubah Partisi GPT Menjadi MBR Tanpa Kehilangan Data

You Might Also Like: