-->

Cara Mudah Mengganti Background Pas Foto

Pas foto adalah foto ukuran kecil dengan batas kepala sampai dada, dan biasa dipakai untuk keperluan formal. Pas foto mempunyai ukuran 2x3, 3x4 dan 4x6 berlatar belakang merah atau biru.
Untuk membuat pas foto kita harus mengambil foto dengan background kain merah atau biru. Tapi bagaimana jika kita tidak punyai kain merah atau biru? Tenang saja, dengan berbekal sedikit kemampuan olah software photoshop kita bisa dengan mudah mengganti background pas foto.

Contoh pas foto
Pas Foto
Ada banyak cara mengganti background foto menggunakan photoshop tergantung selera anda. Pada tutorial ini saya menggunakan Polygonal Lasso Tool software Adobe Photoshop CS6.
  1. Buka program Adobe Photoshop, masukkan foto dengan cara klik File > Open atau lebih cepatnya menggunakan shortcut Ctrl+O pada keyboard > cari direktori fotonya.

  2. Seting dulu ukuran pas foto yang diinginkan, disini saya menggunakan contoh ukuran 4x6.
    Klik Crop Tool (C) > pada kolom kiri atas isikan dengan angka 37 mm x 55 mm. Aplikasikan seting tersebut pada foto hingga sesuai.
    Seting crop tool
    Seting crop tool
    Crop foto
    Foto setelah dicrop
  3. Langkah selanjutnya adalah menyeleksi foto menggunakan Polygonal Lasso Tool (L) untuk memisahkan background. Klik Polygonal Lasso Tool > Lakukan seleksi dengan teliti mengelilingi tubuh bagian atas dan background. Lebih jelasnya lihat gambar dibawah.
    Polygonal Lasso Tool
    Klik Polygonal Lasso Tool

    Hasil seleksi menggunakan polygonal lasso tool
    Hasil seleksi menggunakan polygonal lasso tool
  4. Perhalus seleksi dengan cara klik menu Select > Modify > Smooth. Pada sample radius isikan angka 1 atau 2 pixels > klik OK.
    Menghaluskan seleksi
    Menghaluskan seleksi


    Isi angak pada sample radius
    Isikan angka 1 pada sample radius
  5. Klik Edit > Fill  atau gunakan shortcut Shift+F5 pada keyboard untuk mengisi hasil seleksi menggunakan warna tertentu.
    Mengisi warna background
    Mengisi warna background
  6. Muncul jendela Fill > pada bagian Contents pilih use Color > akan muncul jendela Color Picker > pilih warna yang diinginkan, disini saya pilih biru > klik OK untuk menutup jendela Color Picker > klik OK lagi untuk menutup jendela Fill.
    Isi background dengan warna
    Isi background dengan warna yang diinginkan
  7. Warna background akan berubah menjadi biru, tekan Ctrl+D untuk menghilangkan seleksi.
    Menghilangkan seleksi
    Menghilangkan seleksi
  8. Silakan bereksperimen dengan warna lain.
Hasil dari cara mudah mengganti background pas foto menggunakan photoshop diatas kurang lebih seperti ini :
Hasil akhir
Hasil akhir sebelum dan sesudah diganti warna
Contoh foto diatas adalah objek dengan memakai jilbab yang mudah untuk diseleksi. Bagaimana dengan foto objek yang agak susah misal foto seseorang dengan rambut agak terurai? Untuk kasus tersebut saya sudah tulis tutorial tentang seleksi rambut menggunakan channels untuk rambut yang terurai. Cara tersebut juga dapat anda aplikasikan untuk mengganti background pas foto.

Silakan dicoba, semoga bermanfaat...
Terimakasih telah membaca artikel tentang Cara Mudah Mengganti Background Pas Foto

You Might Also Like: