-->

Tips Merubah Warna Rambut Dengan Photoshop

Kali ini saya akan membagikan tutorial tentang merubah warna rambut menggunakan photoshop CS6. Dalam photoshop, untuk melakukan satu proses editing kita dapat menggunakan banyak cara. Cara yang akan saya gunakan disini adalah merubah warna rambut dengan photoshop menggunakan Gradient Map.

Siapkan gambar yang akan dirubah warna rambutnya, kali ini saya menggunakan foto seorang gadis cantik dengan rambut pirang, bisa anda download di situs penyedia gambar gratis disini. Atau bisa langsung anda praktekkan menggunakan foto anda sendiri.
Gadis cantik berambut pirang
Gambar dari Pixabay.com


Berikut langkah-langkahnya :
  • Buka gambar model ke area kerja photoshop
  • Tambahkan Gradient Map Adjustment Layer dengan cara klik ikon New Fill or Adjustment Layer pada kanan bawah area kerja photoshop selanjutnya pilih Gradient Map
    Gradient Map
    New Gradient Map layer

  • Akan muncul jendela Gradient Map Properties menggunakan gradient berdasarkan warna Foreground dan Background yang secara default adalah warna hitam untuk foreground dan putih untuk background, sehingga akan memunculkan gradient hitam ke putih.
  • Jangan tutup dulu jendela Gradient Map Properties karena kita akan merubah warna gradient. Klik tepat pada area gradient preview, maka akan terbuka jendela baru yaitu Gradient Editor.
    Gradient Map Properties
    Area Gradient Map
  • Pada Gradient  Editor sebelah atas ada beberapa presets gradient, tapi abaikan saja. Kita tidak akan menggunakannya, karena kita akan membuat gradient warna sendiri.
    Beralih ke bagian bawah dari gradient editor akan tampak gradient preview seperti sebelumnya, hanya saja tampilan gradient preview sekarang lebih besar dengan adanya color stop pada sebelah kiri (hitam) dan sebelah kanan (putih).
    Klik pada color stop sebelah kiri (hitam) lalu klik lagi pada kotak warna hitam yang muncul dibawahnya
    Memilih warna
    Klik color stop untuk memilih warna
    Akan muncul jendela Color Picker, pilih warna yang diinginkan. Disini saya memilih warna biru, lalu klik OK. Otomatis kita kembali ke gradient editor, klik Ok lagi. Tutup dialog Gradient Map Properties.
    Pilih warna yang diinginkan
    Pilih warna rambut yang diinginkan
  • Selanjutnya ubah blend mode layer Gradient Map dari Normal menjadi Color.
    Ubah blend mode menjadi color
    Ubah blend mode menjadi color
  • Masih pada layer Gradient Map, invert layer dengan cara klik menu Image > Adjustments > Invert. Atau dengan shortcut Ctrl+I pada keyboard. Hasilnya layer layer gradient map seolah hilang karena tertutup oleh layer mask.
    Invert layer gradient map
    Invert layer Gradient Map
  • Sekarang tugas kita adalah menampilkan kembali layer Gradient Map pada rambut, agar rambut menjadi berwarna biru. Caranya adalah klik layer mask thumbnail (kotak hitam pada layer Gradient Map).
    Klik layer mask thumbnail
    Klik layer mask thumbnail
    Pilih Brush Tool, sapukan dengan hati-hati pada area rambut menggunakan warna putih. Hasilnya kurang lebih seperti ini...
    Setelah disapu dengan brush tool
    Hasil setelah disapu menggunakan brush tool
    Silakan sesuaikan sendiri ukuran brush, usahakan menggunakan soft brush agar pinggir rambut terlihat rapi.
  • Untuk merubah dengan warna lain, dobel klik pada layer thumbnail.
    Klik dua kali layer thumbnail
    Dobel klik pada layer thumbnail
  • Akan muncul kembali dialog Gradient Map Properties seperti langkah terdahulu, dilanjutkan dengan langkah-langkah dibawahnya.
  • Silakan bereksperimen dengan warna lainnya. 
    Rambut dengan warna lain
    Hasil dengan warna lain
  • Selamat mencoba ....



Terimakasih telah membaca artikel tentang Tips Merubah Warna Rambut Dengan Photoshop

You Might Also Like: